Wacana Pensiun PNS Dibayar Sekaligus

Banyak orang yang mempunyai keinginan menjadi pegawai negeri sipil atau biasa disingkat dengan PNS. PNS sendiri mempunyai banyak manfaat sehingga membuat banyak orang yang berbondong-bondong melakukan pendaftaran. Salah satu manfaat yang paling menggiurkan dari seorang PNS adalah uang pensiun yang didapatkannya ketika tidak lagi bekerja.

Dengan adanya uang pensiun tersebut maka setelah bekerja, para PNS tidak perlu khawatir akan kehidupan mereka sehari-hari karena telah ada jaminan. Mereka tidak perlu mencari pekerjaan lain lagi karena hidup mereka dapat bergantung dari uang pensiun tersebut. Meskipun jumlah pensiun yang diperoleh tidak sebesar seperti ketika PNS masih produktif bekerja tetapi masih mampu untuk menghidupi mereka. Pensiun yang didapatkan setiap bulan tersebut mampu membuat para PNS bersantai di rumah menikmati masa tua mereka.

pensiun pns dibayar sekaligusAkan tetapi, beberapa waktu lalu, sebuah wacana dimunculkan untuk membuat pensiun PNS dibayar sekaligus. Hal ini tentunya menuai banyak pro dan kontra di kalangan masyarakat khususnya para PNS dan keluarga mereka. Di satu sisi, hal ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi PNS setelah pensiun karena uang dalam jumlah besar tersebut mampu dialokasikan untuk membangun usaha sendiri sehingga dirinya mampu menghasilkan uang lagi. Ketika para PNS membangun usaha mereka sendiri tentunya hal ini juga akan berdampak baik pada kondisi ekonomi nasional. Banyak lapangan pekerjaan baru yang akan dibuka sehingga mampu menekan angka pengangguran di Indonesia.

Dengan pensiun PNS dibayar sekaligus maka ia akan mampu melakukan banyak investasi setelah tidak lagi bekerja. Para PNS dapat membeli properti untuk dijual kembali atau pun untuk disewakan. Alhasil, mereka pun akan mempunyai pendapatan pasif sehingga meskipun tidak bekerja, mereka tetap dapat mendapatkan uang. Para PNS juga dapat memanfaatkan berbagai jenis investasi yang ada dengan uang pensiun mereka tersebut.

Baca juga : “Batas pensiun PNS

Dengan ini maka uang pensiun PNS yang diterima sekaligus tersebut mampu menghasilkan lebih banyak uang lagi ketika usaha yang dibuat serta investasi yang dilakukan membuahkan hasil. Keuntungan yang diperoleh dapat berjumlah berkali-kali lipat dari jumlah pensiun yang didapatkan. Hal ini tentu jauh berbeda jika pensiun PNS dibayar setiap bulan karena pastinya hanya mampu mencukupi hidup sehari-hari dan sedikit untuk ditabung.

Namun, tetap ada juga suara-suara yang menentang wacana ini. Kontra yang dilayangkan oleh mereka pun mempunyai argumentasi yang jelas. Suara-suara kontra tersebut berpendapat bahwa tidak semua PNS mempunyai kemampuan untuk berwirausaha. Tidak semua dari mereka juga mampu memikirkan investasi yang tepat untuk uang pensiun yang dibayar sekaligus tersebut. Kekhawatiran terbesar adalah para PNS tersebut akan menghabiskan uang pensiun yang didapatkan dalam waktu singkat. Akibatnya, kehidupan mereka selanjutnya pun semakin susah karena tidak ada lagi uang pensiun setiap bulan.

Dana pensiun yang diterima dalam jumlah besar tersebut akan memicu tindakan konsumtif. Mereka yang tidak mampu mengelolah uang dengan baik akan menerima dampak yang buruk dari wacana pensiun PNS dibayar sekaligus ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *