Waspada ‘Calo’ Seleksi CPNS

Mendekati saat-saat seleksi CPNS seperti ini banyak orang-orang tak bertanggung jawab yang menyusup di daerah-daerah. Mereka menawarkan jasa bantuan untuk orang-orang yang ingin menjadi PNS dengan sejumlah imbalan. Biasanya orang-orang ini mengaku sebagai bagian dari instansi penting seperti orang Pemda, DPR, maupun BKD.

Orang-orang yang sering disebut ‘calo CPNS’ ini biasanya akan terjun di tengah para tenaga honorer yang bertahun-tahun menunggu pengangkatan. Setelah menjadi wiyata bakti di atas 5 tahun, mulai tumbuh rasa pesimis untuk bisa diangkat sebagai PNS. bahkan tumbuh rasa tidak percaya pada pemerintah bahwa seseorang tidak akan bisa menjadi PNS tanpa ada jaringan menuju sistem PNS. Sehingga bagi orang-orang yang “kurang berpengalaman” akan percaya begitu saja.

Selama ini sudah banyak kasus penipuan calo CPNS. Dengan iming-iming bisa mnejadi PNS, seseorang rela mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta. Banyak menjadi alasan. Diantaranya adalah tidak ingin menunggu terlalu lama untuk mengabdi tanpa kejelasan dari pemerintah.

Perlu diketahui, calo CPNS sebenarnya hanya menjual janji. Mereka berpura-pura mendapat jatah untuk ditempatkan suatu formasi. Untuk mengisi formasi yang kosong sang calo akan meminta 20% dari kesepakatan. Misal calo ada kesepakatan 150 juta jika lolos seleksi CPNS, maka sang “korban” harus setor 30 juta kepada calo tersebut. Jika si korban “tidak lolos” sang calo sudah mendapatkan uang 30 juta per orangnya. Namun jika ada keberuntungan lolos, maka ia akan mendapat uang secara penuh 100 %. Padahal ¬†ini hanya permainan. Lolos atau tidak lolos peserta seleksi CPNS bergantung dari peserta itu sendiri. Apalagi dengan penerapan sistem CAT ini, penilaian tes tertata secara transparan. Peserta dapat langsung mengetahui skor yang diperoleh setelah mengerjakan soal-soal.

calocpns

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi jika ada calo yang mencoba mempengaruhi Anda sebagai calon peserta seleksi CPNS?

1. Cukup tanggapi percakapan seperlunya

2. Mantapkan hati untuk bersikap jujur dan bersih

3. Persiapkan diri dengan belajar aplikasi CAT yang bisa di download secara bebas di internet

4. Belajar kumpulan soal-soal seleksi CPNS

5. Menyerahkan diri kepada yang Maha Kuasa

Adapun materi yang dapat dipersiapkan oleh peserta seleksi CPNS sitem CAT 2015 adalah sebagai berikut:

TES WAWASAN KEBANGSAAN

1. Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika

2. Tata Negara Kesatuan Republik Indonesia

3. Sejarah

4. Bahasa Indonesia

5. Bahasa Inggris

 

TES INTELEJENSI UMUM

1. Kemampuan verbal

2. Kemampuan numerik

3. Kemampuan berpikir logis

4. Kemampuan berpikir analitis

 

TES KARAKTERISTIK PRIBADI

1. Tes integritas diri

2. Semangat berprestasi

3. Orientasi pada pelayanan

4. Kemampuan beradaptasi

5. Kemampuan mengendalikan diri

 

dan TES KEMAMPUAN DASAR



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *