Wow Pegawai Pajak Akan Memakai Seragam!

Selama ini telah banyak kita kenal instansi pemerintah baik itu tingkat kementerian atau tingkat eselon satu yang punya ciri khas dengan “seragam” mereka. Misalnya, Kementerian Hukum dan Ham termasuk di dalamnya Direktorat Jenderal Imigrasi dengan seragam biru mudanya, Kementerian Perhubungan seragam putihnya, Polisi dengan sergam coklatnya, TNI dengan seragam hijaunya atau Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan seragam biru tuanya.

Dari informasi yang penulis dapatkan sebentar lagi khusus bagi Pegawai Negeri Sipil yang berdinas di lingkungan  Direktorat Jenderal Pajak akan menyusul menggunakan seragam serupa dengan warna utama hijau tua. Dikabarkan telah diterbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pajak yang khusus mengatur tentang penggunaan seragam baru tersebut.

Nantinya seragam pegawai Pajak meliputi satu set seragam lengkap mulai dari Topi (Bivakmuts), Kemeja Atas, Celana, Pangkat, Bordiran logo atau tulisan disebelah kiri dan kanan, sabuk (belt), tanda jabatan di dada sebelah kanan, dan nama di sebelah atas saku kanan. Mungkin juga akan meliputis alas kaki berupa sepatu.

Dulunya seragam untuk PNS pajak masih mengikut pada aturan kementerian keuangan yang tidak mewajibkan seragam melainkan pakaian yang warnanya ditentukan untuk hari-hari tertentu. Kemeja putih celana gelap, kemeja biru celana gelap, dan baju batik. Sergam hanya diberikan pada pegawai yang bertugas pada fungsi-fungsi tertentu seperti jurusita atau di unit pelayanan terdepan.

Untuk tanda pangkat di pundak kanan kiri nantinya akan menyesuaikan pangkat dan golongan pegawai mulai dari II.a sampai dengan golongan IV.e.Untuk detail jenis seragam baru ini dan penggunaannya masih menunggu publish resmi keputsan Dirjen Pajak tersebut. Berikut foto yang berhasil penulis kumpulkan.

tanda pangkat seragam DJP

Tanda Pangkat Seragam DJP

seragam pegawai pajak

Seragam Pegawai Pajak

Dari gambar di atas nantinya akan terlihat jelas pembedaan pangkat setiap PNS di pajak. Semoga saja kalau benar nanti bakal memakai seragam, seragam tersebut bisa menjadi media pemersatu untuk menguatkan kesolidan sekaligus menjadi sebuah kebanggaan dan identitas tersendiri yang membedakan dengan unit atau instasni lain. Semoga dengan semakin solid bakal makin bagus kinerjanya sehingga target penerimaan yang lebih dari 1200 T bisa tercapai.



3 Responses to “Wow Pegawai Pajak Akan Memakai Seragam!”
  1. slamet s August 31, 2015
  2. slamet s August 31, 2015
    • wikipns September 7, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *