11 Tips & Trik Lulus Seleksi CPNS 2021, Ampuh!

Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK) tahun 2021 akan segera dibuka pada 30 Mei 2021.  Mengingat pendaftaran CPNS 2021 sudah begitu dekat, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh para peserta.Seperti mempersiapkan berkas, data diri, menentukan formasi yang akan dipilih, mempelajari soal seleksi CPNS hingga mempersiapkan mental.

tips-dan-trik-ampuh-lulus-seleksi-CPNS-tahun-2021

Sebab, sistem passing grade,dan sistem gugur akan di berlakukan pada tes seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS yang akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pesertanya. Selain harus bisa mengerjakan soal sesuai dengan batas minimal dan nilai skor yang telah ditentukan.

Untuk itu, bagi anda yang berminat mengikuti seleksi pendaftaran CPNS 2021, Simak tips dan Trik Lulus CPNS yang telah kami rangkum Berikut;

1. Latihan Mengerjakan Soal

Simak dan pelajari kembali soal ujian CPNS tahun – tahun sebelumnya, karena soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

Sekarang ini, sudah banyak sumber belajar yang bisa dimanfaatkan, seperti buku cetak dan elektronik, soal – soal online dari internet, dan bisa juga melalui bimbingan belajar.

Dan tak lupa, buatlah catatan dan progress belajar dari soal yang telah berhasil dikerjakan, sehingga memudahkan anda mengetahui kelemahan yang perlu diperbaiki, dan tak menutup kemungkinan anda akan lebih mudah memahami pola pengerjaan soal tersebut.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Seleksi CPNS Tahun 2021

2. Belajar Komputer

Untuk Anda yang setiap harinya sering menggunakan laptop / komputer, tes dengan sistem CAT bukanlah hal yang susah. Akan tetapi bagi orang yang jarang menggunakan komputer, sistem ini akan menjadi tantangan tersendiri.

BIsa saja mengalami kesulitan saat menyalakan komputer, menuliskan nama ataupun kendala lainnya, karena hal yang paling mendasar, selain belajar materi adalah belajar komputer.

3. Jaga Kesehatan

Anda sebaiknya tetap memperhatikan kesehatan agar tetap dalam kondisi yang fit hingga ujian berakhir. Anda bisa memulainya dengan mengatur waktu tidur yang cukup, rajin berolahraga, dan di imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, terutama jaga kesehatan mata dan pikiran, karena Anda akan melihat layar komputer.

4. Persiapkan Dokumen yang diperlukan

Agar bisa mengikuti tes, tentunya Anda harus melengkapi berkas apa saja yang diperlukan. Misalnya ada dokumen tambahan yang perlu dilampirkan, dengan melengkapi dokumen tersebut, akan mempermudah peluang untuk mengikuti tes dan menjadi nilai plus bagi Anda.

5. Datang Ke Lokasi Lebih Awal

Jika belum begitu hafal dengan lokasi tes, ada baiknya untuk melakukan survei lokasi sebelum tes diadakan, sehingga akan memudah Anda untuk datang ke lokasi lebih awal untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan seperti kemacetan, tersesat dijalan, dan kendala kendaraan.

Selain itu, dengan ke lokasi tes lebih awal akan membuat kondisi Anda merasa lebih tenang dan siap mengerjakan soal – soal Tes CPNS.

6. Kerjakanlah dahulu soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Tips Selanjutnya yaitu, mengerjakan soal TKP terlebih dahulu, karena soalnya berisikan tentang respon yang hanya bisa anda jawab sesuai dengan diri Anda.

Walaupun jawaban Anda dirasa kurang cocok dengan kata kunci, Setidaknya anda tidak perlu mencari jawaban diluar diri Anda. Apalagi nilai TKP lebih besar persentasenya dibandingkan dengan nilai TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebagsaan).

7. Kerjakan dari yang mudah

Perlu diingat, bahwa waktu yang disediakan untuk menyelesaikan soal tes CPNS adalah 90 menit untuk 100 Soal Tes, yang terdiri dari 35 Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal Tes Intelegensia umum (TIU), dan 35 soal  Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Mengingat waktunya yang begitu singkat, maka rata-rata untuk 1 soal sebaiknya tidak dikerjakan lebih dari 1 menit, agar soal terjawab semua. Untuk soal yang pendek mungkin ini masih bisa diatasi, namun jika soal yang dihadapi tergolong susah maka untuk sementara lawati saja dulu.

Kemudian, untuk soal jenis hapalan, bisa langsung anda jawab. Jika masih ragu, buatlah coretan kecil di kertas atau klik tombol ragu-ragu. Sehingga nanti masih bisa kita cek kembali saat masih ada waktu.

Sedangkan untuk soal-soal yang panjang, jika sudah 3 menit belum terselesaikan, Anda bisa langsung memanfaatkan jawaban sembarang, Agar tidak kehabisan waktu menuruti rasa penasaran.

8. Mengerjakan dengan tenang

Kerjakanlah Soal dengan sikap tenang, fokus dan percaya diri. Hindari rasa gugup dengan berpikir positif. Kendalikanlah emosi sehingga dalam mengerjakan tidak hanya asal menebak, tetapi penuh dengan perhitungan.

Fokuskan pikiran saat mengerjakan soal, terutama jika yang dihadapi berupa penyajian angka, kalimat, huruf, tanda baca, dan gambar simbol. Sebaiknya anda kerjakan dengan teliti dan rileks.

9. Jawablah Semua Soal

Ketika mengerjakan soal, jangan sampai ada soal yang belum dikerjakan. Karena Dalam Ujian CAT tidak ada pengurangan nilai saat salah memilih jawaban. Untuk TIU dan TWK jika benar akan bernilai 5 dan salah 0, Sedangkan TKP nilainya berkisar antara 1 – 5, yang berarti asal jawab pun masih bisa memperoleh nilai 1 untuk soal TKP.

10. Jangan Terpengaruh dengan hasil pekerjaan peserta tes lain

Saat mengerjakan tes, terkadang ada peserta yang bisa menyelesaikan soal dengan cepat, sedangkan waktunya masih sisa banyak. Dalam kondisi demikian, Jika Tetap tenang, Anda juga harus Tetap tenang, dan meneliti kembali soal yang telah dikerjakan sebelum meninggalkan kursi tes. Sebab Teliti merupakan faktor penting saat mengerjakan soal CAT CPNS. Ingat, tes ini dibatasi oleh waktu selama 90 menit, jadi Anda harus bisa mengerjakannya dengan cepat, namun juga tetap Teliti

11. Selalu Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Setelah semua usaha dilakukan, jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta agar dimudahkan dalam mengerjakan soal, dan tak lupa mintalah doa restu kepada orang tua, saudara dan keluarga.

Dan hal yang mesti, diingat, ikhlaskan dan pasrahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa, dan yakinilah apapun hasilnya itu adalah yang terbaik untuk Anda

Demikianlah sedikit Tips dan Trik Lulus Seleksi CPNS tahun 2021 yang dapat kami sampaikan. Selamat Mencoba, dan Tetap semangat ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: