Apa Itu KP4 PNS?

PNS atau pegawai negeri sipil merupakan salah satu pekerjaan yang terhubung langsung dengan pengaturan kenegaraan atau daerah. Setiap data data yang berhubungan dengan operasional daerah maupun negara akan dikelola oleh kantor pemerintahan di mana pegawainya itulah yang dinamakan PNS.

apa itu KP4 bagi PNS?

Untuk menjadi bagian dari pemerintahan tidaklah mudah dan Anda harus menempuh beberapa proses serta persyaratan. Setelah menjadi PNS pun akan dikelompokkan menjadi beberapa golongan sesuai dengan jenjang pendidikan serta lamanya menjabat sebagai pegawai negeri sipil.

Setelah sah menjadi seorang pegawai negeri sipil maka terdapat banyak sekali tunjangan serta jenjang karir yang akan diperoleh. Salah satu tunjangan yang bisa diperoleh oleh pegawai negeri ini berupa tunjangan keluarga.

Namun istilah tersebut sangat awam di tengah masyarakat umum bahkan namanya pun saat ini lebih dikenal dengan Surat Keterangan Untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga. KP4 merupakan tunjangan untuk keluarga sebagai bentuk pelayanan bagi para pegawai untuk mengusulkan tunjangan bagi istri atau suami serta bagi anaknya. Adanya tunjangan seperti ini seringkali membuat banyak orang mendaftarkan diri sebagai CPNS.

Baca Juga : Tunjangan Kinerja PNS Perpusnas 2021

KP4 sendiri merupakan singkatan dari kartu permohonan penambahan penghasilan PNS. Hal ini sering dianggap sebagai sebuah kartu sakti untuk bisa mendapatkan tunjangan terutama untuk anggota keluarga dari seorang pegawai negeri sipil. Setelah menjadi pegawai negeri sipil yang sah setiap pegawai ini akan mengajukan KP4 PNS tersebut.

Adanya tunjangan tersebut bisa memberikan jaminan yang cukup baik bukan hanya untuk sendiri dan juga untuk keluarga. Tunjangan tersebut tidak diberikan secara cuma-cuma atau sebagai bentuk inisiatif dari instansi terkait. Terdapat dasar hukum yang kuat yaitu pada undang-undang serta Peraturan Pemerintah.

Tunjangan tersebut bisa menjadi kabar baik bagi setiap pegawai negeri sipil untuk bisa mendapatkan sejumlah dana untuk memenuhi beberapa kebutuhan bagi anggota keluarga. Hal ini merupakan bentuk jaminan dari pemerintah untuk setiap pegawai negeri sipil untuk pengabdiannya terhadap pemerintahan.

Prosedur

Untuk bisa mendapatkan tunjangan tersebut maka Anda harus melalui beberapa prosedur. Untuk KP4 PNS ini akan dimulai dengan penerimaan berkas terhadap pengajuan tunjangan istri atau suami atau anak. Berkas pengajuan tersebut akan diajukan kepada tempat khusus yang terbiasa melakukan pengurusan terhadap adanya tunjangan.

Setelah berkas diajukan berikutnya terdapat proses verifikasi berkas terhadap pengajuan tadi. Jika verifikasi sudah selesai maka terdapat proses input data dari keluarga tersebut terhadap blanko KP4. Selanjutnya akan diusulkan terhadap pencairan tunjangan tersebut kepada sub bagian keuangan dari instansi terkait.

Prosedur tersebut akan dilakukan secara bertahap dan akan diselesaikan setiap tahapannya hingga persyaratannya terpenuhi dengan baik. jika tahap pertama sudah selesai maka akan dilanjutkan dengan tahap berikutnya beserta persyaratan dan ketentuannya begitupun seterusnya hingga proses dari prosedur tersebut selesai.

Bagaimana Persyaratannya?

Persyaratannya berupa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh setiap anggota keluarga yang diajukan. Persyaratan pertama yang sangat wajib ialah merupakan istri atau suami atau anak dari pegawai negeri sipil yang mengajukan tunjangan KP4 PNS. Persyaratan administrasi untuk hal ini berupa fotocopy surat nikah yang dilegalisir serta fotokopi akte kelahiran anak yang dilegalisir.

Jika persyaratan tersebut sudah berhasil dipenuhi maka nantinya tunjangan tersebut akan disahkan oleh direktur dari instansi terkait. Beberapa diantaranya sering membutuhkan fotocopy kartu keluarga untuk membuktikan bahwa orang yang diajukan tunjangannya merupakan anggota keluarga asli sebagaimana seharusnya.

Persyaratan berupa dokumen tersebut harus dipenuhi dengan sangat baik dan Pastikan data di dalamnya benar-benar asli. Hal tersebut akan dicek keabsahannya serta kebenarannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terutama unsur penipuan. Dengan begitu pengajuan serta pencairannya bisa bersifat efektif dan sebenar-benarnya.

Fungsi dan Kebutuhannya

Tunjangan seperti ini memiliki fungsi yang terdiri dari beberapa jenis. Pertama, tunjangan ini bisa digunakan untuk pencairan gaji bagi seorang PNS. Kedua, surat sakti ini akan dibutuhkan untuk pencairan pensiun setelah tiba masanya. Berbagai persyaratan dan prosedurnya juga akan diproses kembali saat memasuki masa pensiun.

Ketiga, KP4 akan dibutuhkan pada saat pencairan SPD pindah dari PNS yang sudah membuat surat pengajuannya. Keempat, surat seperti ini akan dibutuhkan dalam pencairan pesangon pindah pada saat pegawai negeri sipil tersebut dipindahtugaskan.

Terakhir adanya surat sakti ini bisa dibutuhkan untuk mengurus BPJS PNS yang mengajukan beserta keluarganya yang diajukan. KP4 PNS ini tentunya akan membantu beberapa kebutuhan terutama yang berhubungan dengan kebutuhan dana yang mendesak seperti untuk kesehatan, pendidikan dan pensiunan.

Di luar hal tersebut KP4 ini tidak dapat digunakan apalagi sampai disalahgunakan. Persyaratan serta fungsinya sudah sangat jelas sehingga jika terdapat upaya penyalahgunaan maka dapat ditindaklanjuti sebagai sebuah unsur pidana. Terlebih tunjangan tersebut memiliki nominal yang cukup banyak sehingga tidak bisa sembarangan digunakan.

Apasaja di Dalamnya?

KP4 PNS ini berbentuk sebuah surat dengan format khusus yang terdiri dari beberapa kategori yang harus diisi. Judulnya yaitu “Surat Keterangan Untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga”. Isinya berupa surat pernyataan yang akan ditandatangani oleh orang yang bersangkutan.

Formatnya dimulai dengan pengisian nama lengkap dari PNS beserta nomor induk pegawai.  Selanjutnya mengisi tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status kepegawaian, jabatan struktural atau fungsional, pangkat atau golongan,  dan pada instansi departemen atau lembaga tempat Anda bekerja sebagai PNS.

Selain itu, Anda juga harus mengisi masa kerja sesuai golongan, gaji berdasarkan peraturan mana dan nominalnya, serta alamat dan tempat tinggal saat ini. Beberapa data diatas perlu diisi dengan sebenar-benarnya sesuai dengan data yang sudah di input pada instansi tempat bekerja serta data di sistem pusat.

Setelah data pribadi diisi dengan sangat baik pada KP4 PNS ini berikutnya Anda harus menuliskan jumlah keluarga beserta nama anggota keluarga yang akan diajukan untuk mendapat tunjangan. Hal ini akan dilampirkan dalam bentuk tabel khusus dengan data yang selengkap-lengkapnya.

Nantinya akan disebutkan jumlah anak yang biasanya tidak bisa lebih dari 3 orang anak untuk bisa mendapatkan tunjangan seperti ini. Hal ini sudah menjadi peraturan yang tetap dan berlaku bagi semua PNS setiap golongannya. Dengan begitu pembagiannya bisa merata dan adil berapapun jumlah anaknya.

Di bagian akhir akan dijelaskan bahwa semua keterangan tersebut merupakan data yang sebenarnya dan dibuat dengan pertanggungjawaban dari orang yang menandatanganinya. Surat Keterangan tersebut akan dibuat dalam format word untuk kemudian diisi dengan sebaik-baiknya.

Dari penjelasan diatas tentunya Anda sudah mendapat gambaran bagaimana KP4 PNS ini bisa digunakan. Berbagai persyaratan dan fungsinya perlu Anda ketahui sebelumnya terlebih jika Anda merupakan seorang PNS atau akan menjadi seorang pegawai negeri sipil. Hal tersebut perlu dipenuhi dengan sebaik mungkin dan penuh pertanggungjawaban.

Leave a Reply

%d bloggers like this: