Apa itu Program Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja?

Apa itu Program Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja?
Program Kartu PRAKERJA

Apa itu Program Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja – Sejak pandemi Covid-19 menyerang dunia termasuk Indonesia angka pengangguran semakin meningkat. Hal ini terjadi karena perusahaan terus merugi dan banyak perusahaan yang terpaksa memangkas jumlah karyawannya.

Tidak hanya terjadi di Indonesia, akan tetapi masalah ini juga menjadi masalah global yang dihadapi oleh banyak orang di berbagai negara. Akibat susah mencari pekerjaan ini tidak hanya berdampak pada kondisi ekonomi saja, akan tetapi berisiko mengalami stres, depresi, sampai muncul keinginan untuk bunuh diri.

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan saat ini, jangan berputus asa, Pemerintah mengeluarkan sebuah program yang bisa membantu yaitu kartu prakerja. Berikut informasi program kartu prakerja dan bagaimana cara daftar kartu prakerja:

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Program kartu prakerja merupakan program dari pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja yang diperuntukan bagi pencari kerja, pekerja atau buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau yang akan meningkatkan kompetensi.

Program kartu prakerja ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, juga mengembangkan kewirausahaan. Kartu prakerja ini tidak memberikan magang, dan ada atau tidaknya magang hal itu ditentukan oleh masing-masing lembaga pelatihan.

Seperti yang dijelaskan di atas kartu prakerja ini merupakan program pemerintah berupa bantuan biaya pelatihan agar dapat meningkatkan kompetensi kerja dan bukan untuk menggaji orang yang sedang tidak bekerja (pengangguran).

Siapa Saja  yang Bisa Dapat Manfaat Kartu Prakerja?

Akibat dampak yang terjadi karena pandemi COVID-19, untuk sementara waktu program kartu prakerja akan memprioritaskan bagi para pekerja atau buruh yang terkena dampak kehidupannya karena dirumahkan atau juga para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara daftar kartu prakerja, Anda bisa mendaftar kartu prakerja jika termasuk dalam kelompok berikut ini :

  • Pencari kerja
  • Pekerja atau buruh yang terkena PHK
  • Pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja
  • Pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bagi para penyandang difabel juga dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti program kartu prakerja.

Disamping itu bagi orang yang sudah bekerja, pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar sepanjang memenuhi persyaratan program kartu prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Para pekerja, baik itu lulusan dari universitas unggulan ataupun tidak, yang juga membutuhkan peningkatan kompetensi kerja dan keahlian bisa mendaftar program kartu prakerja. Akan tetapi akan tetap prioritas utama diberikan kepada para pencari kerja yang masih berusia muda dan pekerja atau pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

Sebelum Anda mengetahui cara daftar kartu prakerja, Anda harus mengetahui bahwa bagi masyarakat umum atau kelompok orang yang dilarang menjadi penerima kartu prakerja, tetap dapat membeli pelatihan di platform digital, akan tetapi dengan biaya sendiri dengan menggunakan alat pembayaran selain kartu prakerja.

Kartu prakerja hanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran oleh penerima kartu prakerja di platform digital. Jika para peserta sudah mengikuti pelatihan sampai selesai, maka akan mendapatkan sertifikat pelatihan, begitu juga dengan masyarakat umum yang juga akan mendapat sertifikat dengan mengikuti program kartu prakerja ini.

Baca Juga: Tata Cara Lengkap Pendaftaran CPNS 2021

Jaminan Pekerjaan setelah Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja

Kartu prakerja ini hanya berperan sebagai alat pembayaran, dan tidak ada jaminan untuk mendapat pekerjaan setelah mengikuti pelatihan. Untuk mendapatkan pekerjaan tentu saja akan banyak ditentukan hal selain mengikuti pelatihan ini.

Dengan kartu prakerja ini hanya sebagai alat untuk membantu Anda mendorong mendapatkan pekerjaan melalui akses untuk skilling, reskilling dan upskilling. Anda masih harus tetap semangat berjuang setelah mengikuti program prakerja ini.

Peserta kartu prakerja ini nantinya akan mendapatkan dana bantuan yang akan digunakan untuk pelatihan, insentif setelah mengikuti pelatihan selama 4 bulan dan insentif survei untuk tiga kali survei. Berikut cara daftar kartu prakerja:

Langkah-langkah Mendaftar Kartu Prakerja

  • Langkah pertama yaitu Anda membuat akun prakerja dengan cara login ke laman www.prakerja.go.id setelah itu klik kolom ‘Daftar Sekarang’.
  • Masukkan data diri seperti nama lengkap, e-mail, dan password.
  • Cek email, Anda akan diarahkan untuk proses verifikasi yang akan dikirim melalui email.
  • Setelah Anda berhasil melakukan verifikasi akun, selanjutnya ke proses pendaftaran.

Baca Juga: Info Lengkap Jadwal Seleksi CPNS 2021, Catat Tanggalnya!

Cara Daftar Kartu Prakerja

  • Login ke laman www.prakerja.go.id
  • Masuk dengan e-mail dan password yang dipakai untuk mendaftar.
  • Kemudian nomor KTP, tanggal lahir dimasukkan, dan klik ‘Berikutnya’.
  • Tuliskan data diri lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kerja, dan unggah foto KTP.

Tips Agar Anda Lolos Pendaftaran

Agar Anda dapat lolos untuk menjadi penerima kartu prakerja, berikut tips yang bisa Anda perhatikan:

Perhatikan Persyaratan

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar program prakerja, terlebih dahulu pastikan Anda telah memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Tidak mengikuti pendidikan formal
  • Tidak berstatus sebagai pejabat negara
  • Tidak berstatus sebagai pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
  •  Tidak berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN)
  • Bukan Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  • Bukan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Bukan Kepala Desa dan perangkat desa
  • Tidak berstatus sebagai Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah
  • Sedang tidak menerima bantuan dari pemerintah lainnya seperti bansos Kemensos (DTKS), penerima BSU atau BPUM atau sudah menerima kartu prakerja di tahun 2020
  • Dalam satu KK hanya bisa menjadi penerima sebanyak dua orang agar penerima kartu prakerja dapat merata.

Baca Juga: 11 Tips & Trik Lulus Seleksi CPNS 2021, Ampuh!

Mengisi Data dengan Benar

Cara daftar kartu prakerja Anda harus memastikan kembali saat Anda mengisi data diri untuk keperluan pendaftaran, sudah diisi dengan benar. Selain itu Anda juga bisa mengecek kembali nomor HP dan email agar tidak ada kesalahan saat mengisinya.

Nomor HP dan Email dalam Keadaan Aktif.

Anda bisa mengecek kembali file yang di-upload untuk memenuhi persyaratan seperti foto KTP dan juga NIK dan KK yang diisikan sudah sesuai. Jika nomer NIK dan KK Anda tidak sama, Anda dapat melapor ke call center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

Mengerjakan Tes dengan Sebaik-baiknya

Peminat kartu prakerja sebelum mendaftar mengikuti gelombang seleksi, akan diminta untuk mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar. Dengan mengerjakan tes ini akan diketahui potensi dan kompetensi yang Anda miliki. Agar dapat menyelesaikan semua tes yang diberikan, Anda bisa menggunakan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen.

Itulah tadi informasi seputar apa itu program kartu prakerja dan bagaimana cara daftar kartu prakerja. Anda dapat mengunjumgi di laman www.prakerja.go.id, untuk mendaftar dan mendaftar dan semoga dapat menjadi batu loncatan bagi Anda dalam menemukan pekerjaan.

Baca Juga: Perbedaan PNS Pusat Dan Daerah Serta Keuntungan Jadi PNS Pusat

Leave a Reply

%d bloggers like this: