Begini Cara Cek Saldo BP Tapera

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera merupakan badan hukum publik. Yang dibentuk untuk mengelola Tabungan Perumahan Rakyat di negara Indonesia. BP Tapera sendiri bertugas menggantikan wewenang dan fungsi Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (BAPERTARUM) yang didirikan sejak tahun 15 Februari 1993. Yang merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian khusus untuk melayani bantuan Tabungan Perumahan bagi Pegawai Negeri Sipil yang resmi dilikuidasi dan dibubarkan pada 24 Maret 2018 lalu.

cara cek saldo bp tapera

Tapera dibentuk berdasarkan Undang-Undang no. 4 tahun 2016 dengan tujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah dalam jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan.

Program tersebut dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi peserta melalui keterpaduan penyusunan rencana, program, dan pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan.

Kriteria Menjadi Peserta Tapera

Kemudian siapa saja yang bisa menjadi peserta BP Tapera ini? Masih berdasarkan UU yang sama berikut ini adalah persyaratan agar bisa menjadi peserta BP Tapera.

WNI

Setiap Warga Negara Indonesia yang telah berusia paling rendah 20 tahun atau sudah menikah pada saat mendaftar, bisa mendaftar jadi peserta. Begitu juga dengan Warga Negara Asing yang memegang visa dengan maksud bekerja setidaknya 6 (enam) bulan yang juga telah membayar simpanan.

Pekerja

Anda yang memiliki pekerjaan dan menerima upah atau imbalan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan juga bisa menjadi peserta Tapera. Seperti calon atau yang sudah resmi sebagai aparatur sipil negara (pegawai negeri sipil/PNS), prajurit dan siswa Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Pejabat negara, Pekerja atau buruh di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Badan Usaha Milik Desa.

Pekerja Mandiri

Warga Negara Indonesia yang bekerja dengan tidak bergantung pada pemberi kerja untuk mendapatkan penghasilan atau freelancer juga diperbolehkan untuk menjadi peserta BP Tapera.

Berdasarkan Upah Minimum

Setiap pekerja dan pekerja mandiri yang berpenghasilan paling sedikit sebesar upah minimum bisa menjadi peserta. Begitu juga dengan pekerja mandiri yang berpenghasilan di bawah upah minimum masih diperbolehkan.

Kemudian bagaimana Cara Cek Saldo BP Tapera jika sudah menjadi peserta. Sebelum mengetahui bagaimana tahapannya, maka sebaiknya Anda memerhatikan langkah berikut ini:

  • Menyiapkan data lengkap beserta nomor identitas
  • Mengisi formulir kepesertaan Tapera
  • Memilih prinsip pengelolaan Tapera yang sesuai. Baik itu dengan prinsip konvensional atau prinsip syariah.
  • Selanjutnya peserta akan mendapatkan nomor identitas kepesertaan dari BP Tapera yang nantinya bisa digunakan sebagai bukti jadi peserta.
  • Pencatatan administrasi, Simpanan dan akses informasi Tapera.
  • Berikut Anda juga wajib membayar simpanan setiap bulan sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh BP Tapera terlebih dahulu.

Cara Mengetahui Peserta Tapera Telah Aktif

Karyawan yang telah didaftarkan oleh perusahaan sebagai peserta Tapera, akan dicek penilaian kelayakan peserta oleh bank atau perusahaan pembiayaan. Di mana pembiayaan memiliki aturan mengenai urutan prioritas berdasarkan: lamanya kepesertaan, tingkat kelancaran membayar simpanan, tingkat ketersediaan kepemilikan rumah, juga ketersediaan dana pemanfaatan.

Peserta yang telah terdaftar di BP Tapera akan dikenakan besaran simpanan atau iuran sebesar 3% setiap bulannya. Rinciannya adalah perusahaan atau pemberi kerja (perusahaan) harus menanggung simpanan sebesar 0,5% dan pekerja 2,5%. Iuran akan dipotong langsung dari gaji atau upah bulanan yang didapat karyawan tersebut.

Selanjutnya perusahaan wajib menyetorkan dana peserta pada tanggal 10 setiap bulannya ke Rekening Dana Tapera atau bank penampung, sementara untuk peserta mandiri, cara membayarnya, sepenuhnya kewajiban sendiri.

Keanggotaan Tapera Gugur

Keanggotaan tapera gugur apabila:

  • Sudah pensiun sebagai Pekerja
  • Sudah mencapai usia 58 tahun bagi Pekerja Mandiri
  • Peserta meninggal dunia
  • Peserta tidak memenuhi lagi kriteria jika berturut-turut selama lima tahun tidak melakukan iuran di Tapera.

Hak Peserta Tapera

Untuk peserta pekerja yang pindah tempat kerja, maka harus memberitahukan kepesertaannya dalam program Tapera kepada Pemberi Kerja baru dengan menunjukkan nomor identitas kepesertaan. Selanjutnya peserta berhak untuk:

  • Mendapatkan pemanfaatan berupa pembiayaan rumah pertama berupa kepemilikan, pembangunan, dan perbaikan dari dana Tapera.
  • Mendapatkan nomor identitas kepesertaan dan nomor rekening individu.
  • Berhak menerima pengembalian simpanan pada akhir masa kepesertaan.

Juga berhak mendapatkan informasi atas penempatan Dana Tapera dari Manajer Investasi dan/atau Bank Kustodian juga mengenai posisi nilai kekayaan atas simpanan dan beserta imbal hasilnya.

Cara Cek Saldo BP Tapera

Seperti yang telah dipaparkan di atas sebelumnya, bahwa tugas Tapera sendiri memiliki wewenang atas Bapertarum. Di mana tabungan yang disimpan di Bapertarum bisa dicairkan melalui Tapera.

Jika selama ini Anda belum pernah mengecek saldo yang pernah tersimpan di Bapertarum dan tidak pernah tahu caranya, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena memang Tapera sendiri telah melengkapi layanannya dengan mencantumkan fitur cek saldo yang bisa memudahkan pesertanya untuk melakukan pengecekan.

Bahkan untuk Anda yang telah menabung selama 25 tahun sekalipun, data tabungan tetap tercantum di Tapera dan bisa dilihat mulai dari Januari 2021 lalu.

Bagi siapapun yang akan mengecek saldo tabungan di Tapera maka bisa langsung mengecek di portal kepesertaan yang disediakan.

Perlu Anda ketahui bahwa BP Tapera memerhatikan 12 asas dalam pengelolaan uang iuran peserta yang didasarkan pada kegotongroyongan, kemanfaatan, nirlaba, kehati-hatian, keterjangkauan dan kemudahan, kemandirian, keadilan, keberlanjutan, akuntabilitas, keterbukaan, portabilitas, serta dana amanat yang pelaksanaannya diawasi oleh Komite Tapera dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengajuan Pembiayaan Tapera

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengecek saldo BP Tapera. Berikutnya adalah, bagaimana cara mengajukan pembiayaan rumah yang Anda idam-idamkan.

  • Anda harus melakukan update data di situs peserta.tapera.co.id
  • Kemudian Anda akan mendapat pesan Whatsapp dari nomor resmi BP Tapera
  • Lanjutkan dengan mengunjungi lokasi perumahan dan memilih unit yang tersedia.
  • Kunjungi BTN terdekat untuk pengajuan kredit
  • Berikutnya Bank akan melakukan proses kelayakan pengajuan
  • Jika pengajuan disetujui maka Anda bisa melakukan akad kredit sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

Meskipun siapa saja diperbolehkan menjadi peserta namun BP Tapera tetap memiliki prioritas agar penerima manfaat sesuai dengan kriteria. Dimana yang perhatian utama adalah terkait kepesertaan, kedisiplinan membayar, juga kemendesakan dari masing-masing peserta. Berikut ini daftar prioritas BP Tapera:

  • PNS belum memiliki hunian namun telah bekerja selama 10 tahun.
  • PNS yang berpenghasilan rendah juga sangat diutamakan terlebih bila telah memiliki tanggungan, dalam hal ini adalah anak.
  • BP Tapera juga akan mengecek apakah ada program pemerintah daerah untuk kepemilikan rumah di daerah yang peserta pengaju atau belum.

Demikianlah penjelasan mengenai cara cek saldo BP Tapera dan perlu Anda ketahui pula bahwa peserta Tapera bisa mendapat fasilitas KPR dengan bunga rendah, yaitu 5 persen per tahun.

Leave a Reply

%d bloggers like this: