Cara Nabung Saham Bagi PNS Biar Bisa Cuan

Meski dikenal sebagai salah satu profesi dengan tingkat penghasilan yang stabil dan juga cenderung ‘aman’ maka tidak mengherankan apabila PNS atau Pegawai Negeri Sipil menjadi salah satu profesi yang banyak diimpikan oleh orang-orang di Indonesia.

Meskipun memiliki penghasilan yang relatif cukup stabil setiap bulannya dan bahkan bisa mendapatkan dana pensiun ketika sudah purna tugas, namun tidak ada salahnya jika para PNS tetap berupaya untuk meningkatkan jumlah pendapatan yang dimilikinya dengan cara melakukan investasi pada instrumen-instrumen yang menjanjikan semisal reksadana, saham, dan lain sebagainya.

cara-nabung-saham-bagi-PNS

Cara Nabung Saham Bagi PNS Untuk Investasi Yang Menjanjikan

Saham menjadi salah satu instrumen yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai aset investasi karena umumnya memberikan imbal balik yang terbilang cukup lumayan. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menabung saham bagi para PNS agar bisa menjadi aset investasi yang cukup menjanjikan.

Menyusun Anggaran Ketat Untuk Membeli Saham

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan cara menabung pada instrumen saham, sebisa mungkin Anda tetap perlu menyusun anggaan secara ketat yang memang dikhususkan untuk berinvestasi di saham. Hal ini bertujuan agar arus keuangan atau cash flow yang Anda miliki tidak berantakan.

Anda perlu menyusun anggaran keuangan dengan ketat dengan pos-pos pengeluaran di dalamnya memang benar-benar sudah efektif dan juga sesuai dengan kebutuhan. Setelah pos-pos penting untuk kehidupan sehari-hari terpenuhi maka Anda memprioritaskan sejumlah dana untuk kebutuhan investasi saham.

Dengan adanya pengaturan dana yang terbilang cukup ketat ini maka Anda tidak akan mengalami terlalu banyak kesusahan dalam menentukan berapa jumlah nominal yang  harus diinvestasikan untuk membeli dan menabung saham secara konsisten dan berkesinambungan.

Memilih Saham Jenis Blue Chip

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa menabung saham tidak sama dengan trading saham yang mengharuskan Anda untuk terus aktif dalam memantau dan mengelola pergerakan saham untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli dan menjual saham.

Dalam dunia investasi, dikenal dengan adanya istilah ‘High Return, High Risk’ yang secara harfiah menunjukkan bahwa jumlah tingkat keuntungan akan sebanding dengan risiko yang dimilikinya. Artinya, semakin tinggi potensi keuntungan yang ingin didapatkan maka semakin besar pula risiko yang perlu dihadapi.

Meskipun seorang PNS memiliki penghasilan tetap dan bisa menganggarkan nominal tertentu untuk investasi, namun memilih investasi pada saham-saham yang memiliki risiko tinggi bukanlah hal yang tepat meski saham-saham tersebut berpotensi menawarkan imbal-balik yang relatif tinggi.

Sebab, saham merupakan komoditas yang fluktuatif dan rentan mengalami perubahan harga baik itu kenaikan ataupun penurunan harga. Untuk mengurangi tingkat risiko yang dimiliki dalam melakukan investasi saham, ada baiknya jika Anda memilih tipe-tips saham Blue Chip yang dimiliki oleh perusahaan dengan kinerja yang cukup baik.

Bagi yang belum tahu, saham blue chip mengacu pada daftar perusahaan-perusahaan dengan tingkat pendapatan yang cenderung stabil dan memiliki jumlaah liabilitas relatif cukup kecil. Pada umumnya, saham blue chip ini merupakan saham-saham yang dikeluarkan oleh perusahaan papan atas dengan nilai kapitalisasi pasar yang terbilang cukup besar.

Contoh perusahaan yang umum dikategorikan sebagai saham blue chip ini misalnya saham Bank BRI, saham Bank BCA, Saham Unilever, Saham Unilever, dan saham-saham dari perusahaan besar lainnya yang memiliki kinerja cukup baik dan optimal.

Baca Juga: Tips Jitu Menabung Bagi PNS

Mengumpulkan Modal Perlahan

Cara nabung saham bagi PNS yang penting untuk dicermati selanjutnya adalah dengan mengumpulkan modal secara minimal dan berkelanjutan untuk menabung saham. Cara ini menjadi langkah yang sangat penting namun terkadang banyak diabaikan dan disepelekan oleh banyak orang yang ingin terjun dalam investasi saham.

Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa bermain saham atau investasi saham membutuhkan dana modal yang relatif cukup besar. Kalau dicermati hal ini tidak sepenuhnya benar karena saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menjual saham perusahaan mereka dengan kisaran harga yang relatif terjangkau.

Mengingat bahwa PNS memiliki penghasilan tetap dan juga  kebutuhan tetap yang perlu dipenuhi, ada baiknya jika Anda mulai mengalokasikan dana tetap yang dijadikan sebagai modal untuk melakukan investasi saham.

Sebagai contoh, Anda bisa mengalokasikan dana investasi saham ini sebesar 5%-10% dari total penghasilan yang Anda miliki. Misalnya sebagai seorang PNS Anda memiliki gaji sebesar Rp 4 juta  setiap bulannya. Maka Anda bisa menyisihkan sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu setiap bulan untuk diinvestasikan dalam bentuk menabung saham.

Baca Juga: Gaji PNS Tahun 2021, Update!

Membuat Target Dan Evaluasi Setiap Tahun

Cara nabung saham bagi PNS yang tidak kalah penting untuk dicermati selanjutnya adalah dengan membuat target pertahun untuk melihat dan mengevaluasi perkembangan dari saham yang sudah ditabung tersebut.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa harga saham akan bergerak secara acak dan cenderung fluktuatif bergantung pada berbagai macam faktor yang membuatnya sukar untuk diprediksi sehingga kemungkinan untuk mengalami kenaikan ataupun penurunan saham adalah hal yang sangat wajar.

Maka dari itu untuk membuat proses menabung Anda saham yang Anda lakukan menjadi semakin optimal, ada baiknya kalau Anda perlu membuat target berapa persen dana yang akan ditabung dalam satu tahun tersebut.

Apabila dalam jumlah tahun tertentu yang sudah ditetapkan tersebut jumlah keuntungan investasi saham masih jauh dari target yang diharapkan, Anda perlu mempertimbangkan untuk menjual saham tersebut ataupun  juga membeli saham baru dari peruhahaan potensial lainnya.

Menabung Secara Rutin Dan Konsisten

Menabung saham secara rutin dan konsisten menjadi cara nabung saham bagi PNS yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Menabung saham pada dasarnya sama seperti menabung di Bank pada umumnya. Namun menabung saham mempunyai persentase tingkat keuntungan yang lebih besar.

Maka dari itu ada baiknya jika Anda menabung saham tersebut secara rutin dan juga konsisten untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal. Ada beberapa saran bahwa bagi para pemula disarankan mengambil jangka waktu menabung saham minimal 3 tahun dengan pembelian yang dilakukan secara rutin.

Sebagai contoh, jika Anda sudah menentukan ingin menabung saham Rp 500.000 setiap bulan maka dalam jangka waktu 3 tahun  Anda sudah memiliki nilai tabungan saham yang mencapai Rp 18 juta.

Jumlah nominal tersebut belum ditambah dengan dividen yang akan Anda dapatkan secara rutin dari perusahaan yang sahamnya Anda beli dan dari capital gain pada saat Anda melakukan penjualan saham-saham tersebut.

Itulah beberapa cara nabung saham bagi PNS yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa tips yang telah disampaikan tersebut, Anda bisa memiliki gambaran secara lebih mumpuni jika memiliki ketertarikan ingin menyisihkan  sebagian dari penghasilan untuk digunakan sebagai dana investasi saham.

Leave a Reply

%d bloggers like this: