Formasi Lengkap CPNS Kejaksaan Untuk Lulusan SMA, D3, D4, dan S1

Sebelumnya telah diberitahukan bahwa pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK akan dilakukan pada tanggal 31 Mei 2021. Namun hingga kini pendaftaran CPNS belum juga dibuka. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu formasi yang dibutuhkan guna mempersiapkan diri dan juga persyaratan. Salah satu instansi yang sudah mengumumkan kebutuhan formasinya adalah kejaksaan.

formasi lengkap cpns kejakaan ri tahun 2021

Pada unggahan resmi @biropegkejaksaan mengumumkan bahwa instansi kejaksaan membuka kuota pendaftaran CPNS sebanyak  4148.  Dimana kuota tersebut dibagi menjadi kuota untuk lulusan SMA atau SMK sederajat, dan S1. Berikut adalah informasi semantara mengenai  formasi yang ada dilingkungan kejaksaan:

Baca Juga : Tunjangan Kinerja Kejaksaan RI

Formasi kejaksaan

  1. Jaksa
    Formasi ini dibbuka dengan kuota 1000 orang dengan kualifikasi lulusan S1 Hukum
  2. Pengolah Data Perkara Dan Putusan
    Jumlah yang dibutuhkan adalah sebanyak 495 orang, kualifikasinya yaitu lulusan D3 Administrasi Pemeritahan, D3 Teknik Informatika, D3manajemen Informatika, D3 Administrasi Perkantoran Dan D3 Manajemen.
  3. Pranata Barang Bukti
    Dibutuhkan 527 orang untuk formasi ini. Formasi ini dibuka untuk lulusan D3 Admiinstrasi, D3 Komputer, D3 Perkantoran, D3 Manejemen Dan D3 Sekretaris.
  4. Analisis Rancangan Naskah Perjanjian
    Kuota untuk formasi ini yaitu 77 orang. Formasi ini dapat dilamar oleh S1, Hukum, S1 Ilmu Hukum.
  5. Ahli Pertama Pranata Computer
    Ahli pertama pranata computer membutuhkan tenaga sebanyak 179 orang. Formasi ini dapat di lamar oleh S1 Komputer,S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi.
  6. Pengelola Pengaduan Public
    Formasi ini membutuhkan sebanyak 141 orang dengan lulusan D3 Komunikasi, D3 Administrasi, D3 Teknik Computer, Dan D3 Teknik Informatika.
  7. Anilisis Forensic Digital
    Jumlah formasi yang dibutuhkan Analisis forensic digital adalah 141 orang. Dengan kualifikasi S1 Teknologi Informasi, S1 Teknik Elektro, S1teknik Informatika, D4 Teknologi Inf6rmasi, D4 Komputer, D4 Teknik Elektro.
  8. Terampil Auditor
    Terampil auditor membutuhkan sekitar 66 orang. Kualifikasi yang diinginkan adalah D3 Akuntansi, D3 Ekonomi, D3 Manejemen.
  9. Pengolahan Data Intelejen
    Jumlah yang dibutuhkan adalah 432 orang. Pengolahan intelejen dapat dilamar oleh D3 Komputer,D3 Teknik Informatika, D3 Manjemen Informatika, D3 Administrasi Perkantoran.
  10. Pegawai Tahanan/Narapidana
    Dibutuhkan sebanyak 494 orang untuk formasi pegawai tahanan/narapidana. Dapat dilamar oleh Lulusan SMA Atau SLTA Sederajat.
  11. Ahli Pertama Penilaian Pemerintah
    Ahli pertama penialaian pemerintah membuka kuota sebanyak 43 orang. Formasi ini dapat dilamar oleh lulusan S1 Ekonomi, S1 Manajemen, S1 Teknik Sipil.
  12. Ahli Pertama Perencana
    Sebanyak 37 orang yang dibutuhkan dalam formasi ini. Formasi ini diperutukkan para lulusan S1 Ekonomi Dan S1 Manajemen.
  13. Ahli Pertama Penerjemah
    Tidak seperti formasi lain untuk formasi ini hanya membutuhkan 5 orang. Kualifikasi yang dibutuhkan yaitu S1 Bahasa Inggris Dan S1 Bahasa Mandarin.
  14. Ahli Pertama Peneliti
    Formasi ini memiliki kuota terbatas hanya 3 orang. Formasi ahli pertama peneliti dapat dilamar oleh para lulusan S1 Ilmu Hukum Dan S1 Ilmu Sosial.
  15. Jurnalis
    Untuk formasi jurnalis membutuhkan hanya 2 orang. Formasi ini dapat dilamar oleh lulusan  D3 Komunikasi Dan D3 Social Politik.
  16. Jabatan Tenaga Kesehatan
    Dibutuhkan beberapa formasi kesehatan yaitu 2 Formasi Dokter Gigi, 1 Spesialis Anak, 1 Spesialis Bedah Umum, 1 Spesialis Bedah Syaraf, 1 Spesialis Forensic, 1 Spesialis Kandungan, 1 Spesialis Mata, 1spesialis Radiologi, 1spesialis Rehabilitasi Medic, 1 Spesialis THT.

Syarat Umum CPNS Kejaksaan

  1. Usia min 18 tahun dan max 35 tahun.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil, anggota Tni atau Polri, atau sebagai pegawai swasta.
  4. Bukan merupakan CPNS, PNS atau Tni atau Polri.
  5. Bukan merupakan anggota dari partai politik.
  6. Memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dan memenuhi persyaratan posisi yang dilamar
  7. Sehat jasmani dan rohani
  8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah

Cara dan alur pendaftaran CPNS di Kejaksaaan RI

  1. Buka halaman pendaftaran yaitu https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Registrasi untuk membuat akun pada halaman sscasn dan login.
  3. Lengkapi data dirimu dengan data yang benar usahakan jangan sampai ada yang salah.
  4. Pilih formasi yang diinginkan, dan unggah berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  5. Selanjutnya aka nada seleksi administrasi. Data yang sudah dimasukkan oleh pelamar akan diverifikasi. Pelamar dapat cek kelulusan berkas administrasi dengan login ke SSCASN. Jika lulus kalian pelamar dapat langsung mencetak kartu ujian SSCASN. Jika tidak lulus maka akan diberikan masa sanggah agar pelamar dapat menyanggah hasil verifikasi.
  6. Peserta yang lolos dapat melanjutkan tahap berikutnya yaitu ujian seleksi kompetensi dasar dan ujian seleksi kompetensi bidang. Status kelulusan ujian dapat dilihat dengan login ke SSCASN dan jika lolos dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu tahap pemberkasan.

Semoga bermanfaat ya informasi di ata. Untuk formasi yang dijabarkan di atas adalah informasi sementara dan dapat beruba sewaktu waktu. Tunggu postingan berikutnya ya untuk info selanjutnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: