Ketahui Tips Jitu Berkarir Sebagai PNS, Jaminan Karir Cemerlang!

Ketahui-Tips-Jitu-Berkarir-Sebagai-PNS,-Jaminan-Karir-Cemerlang!

Tips Jitu Berkarir Sebagai PNS

Ketahui Tips Jitu Berkarir Sebagai PNS, Jaminan Karir Cemerlang! – Beberapa waktu yang lalu pembukaan seleksi CPNS dan ASN telah dimulai, tentunya Anda yang ingin terdaftar sebagai calon ASN dan CPNS harus mempersiapkan diri dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa melakukan tes seleksi dengan mudah, yang membuat peluang diterima semakin besar.

Setelah diterima sebagai PNS, agar karir yang Anda miliki semakin sukses, tidak ada salahnya untuk melakukan tips berikut ini. Tips ini akan membantu Anda untuk membuat pekerjaan selama PNS menjadi lebih mudah dan karir yang dimiliki semakin cemerlang.

Tips ini bisa diterapkan tidak hanya untuk satu formasi atau jabatan saja, melainkan untuk seluruh anggota PNS dan ASN secara umum. Berikut adalah rincian terkait dengan tips jitu berkarir sebagai PNS, diantaranya adalah:

Pandai Mengatur Waktu

Jam kerja PNS ternyata cukup panjang, biasanya ASN dan PNS bekerja dari jam 7.30 pagi sampai jam 16.00 sore. Terdapat jeda istirahat satu jam yang bisa dimanfaatkan oleh para ASN dan PNS untuk melaksanakan ibadah, makan, ataupun mengambil rehat sejenak dari pekerjaan.

Jam istirahat bisa Anda dapatkan ketika pukul 12.00 sampai 13.00 siang, bertepatan dengan ibadah sholat duhur untuk penganut agama Islam. Sedangkan untuk hari jumat, jam kerja dimulai dari pukul 7.30 sampai dengan 16.30 sore, hal tersebut karena waktu istirahat bertambah setengah jam dari pukul 11.30 sampai 13.00 siang.

Dengan jadwal tersebut, tentunya PNS ataupun ASN harus bisa membagi waktunya dengan baik. Jam kerja tersebut memang terlihat panjang, namun sebenarnya pendek dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tips jitu berkarir sebagai PNS untuk menunjang produktivitas dan pemanfaatan waktu dengan baik diantaranya:

  • Jangan menunda pekerjaan, jika bisa dikerjakan sekarang sebaiknya kerjakan saat itu juga. Ini untuk menghindari pekerjaan menumpuk dan membuat Anda harus lembur atau membawanya pulang ke rumah untuk dikerjakan.
  • Apabila memiliki banyak tugas, kerjakan yang paling mudah, ini akan membuat beban pekerjaan berkurang secara perlahan.
  • Jika sedang bekerja, sebaiknya tidak membuka media sosial atau aplikasi lain yang membuat Anda lebih mudah terdistraksi.
  • Usahakan mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin, dengan begitu kemungkinan revisi bisa diminimalisir.

Ramah kepada Masyarakat

Tugas utama PNS dan ASN adalah melayani masyarakat sebagai representasi dari pejabat pemerintah. Tips jitu berkarir sebagai PNS adalah dengan ramah kepada masyarakat, sebab PNS dan ASN merupakan abdi dari masyarakat. Contoh kecil yang bisa Anda lakukan adalah tersenyum ketika memberikan pelayanan kepada mereka.

PNS juga sering menjadi panutan masyarakat, karena itu ada baiknya Anda menjaga sikap agar tidak melakukan hal yang merugikan diri sendiri, jabatan, maupun instansi tempat Anda bekerja. Masyarakat tentu akan senang dengan pelayanan PNS atau ASN jika mereka ramah terhadap masyarakat.

Baca Juga: Begini Cara Mengajukan Tunjangan Fungsional Guru Honorer

Jujur dan Memiliki Integritas Tinggi

Kejujuran merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh PNS maupun ASN, meskipun Anda memiliki jabatan yang tinggi, namun jika Anda tidak memiliki kejujuran dan integritas, maka kepercayaan masyarakat kepada PNS akan terus berkurang. Sebagai contoh yang baik, Anda bisa berlaku jujur baik ketika mengerjakan tugas atau sedang berada dalam kehidupan sosial.

Tips jitu berkarir sebagai PNS yang banyak direkomendasikan adalah bersikap jujur, adil, dan memiliki komitmen serta integritas tinggi. Dengan berperilaku demikian, Anda bisa tampak berwibawa dan diakui oleh orang di sekeliling Anda tanpa perlu membuktikan bahwa Anda seorang PNS.

Berbuat jujur akan membuat Anda bisa mengerjakan pekerjaan lebih mudah, diantara keuntungan berperilaku jujur ketika menjadi PNS adalah:

  • Anda tidak takut untuk melakukan perbuatan baik dan melarang perbuatan yang merugikan orang lain, misalnya korupsi. Sebab Anda tidak melakukan perbuatan buruk tersebut dan memiliki kesempatan untuk memberantasnya.
  • Bisa bekerja dengan tenang tanpa ada tekanan karena telah melakukan perbuatan tercela yang menyalahi integritas sebagai PNS atau ASN.
  • Memiliki sifat optimis, sebab Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik tanpa adanya gangguan yang merugikan.
  • Membentengi diri dari berbagai godaan, khususnya uang, yang mungkin akan Anda temui dengan mudah di jabatan Anda. Tips jitu berkarir sebagai PNS penting karena Anda akan lebih aman dari perbuatan tercela dengan berperilaku jujur.

Baca Juga: Aturan Baru Mutasi dan Promosi Bagi PNS

Ikhlas dalam Bekerja

Pekerjaan PNS memang banyak dan membutuhkan banyak waktu, karena itu usahakan Anda memang ikhlas dalam bekerja. Jangan mengharapkan pujian atau gaji yang besar atas apa yang telah Anda lakukan, sebab sejak awal Anda memang memiliki tugas mengabdi kepada masyarakat.

Banyak yang mengatakan bahwa rutinitas PNS atau ASN cukup monoton, mulai dari berangkat kerja, bekerja di kantor atau lembaga pemerintah, kemudian pulang kerja. Perasaan bosan mungkin akan muncul, karena itu pastikan bahwa Anda memang telah siap untuk melaksanakan pekerjaan mulia tersebut.

Tips jitu berkarir sebagai PNS adalah dengan tidak menyerah pada rasa bosan yang dimiliki. Karena jika Anda menyerah pada rasa bosan tersebut, maka akan muncul perasaan negative yang membuat Anda bermalas-malasan dalam mengerjakan pekerjaan yang harus dikerjakan.

Untuk menghindari rasa bosan dan malas tersebut, ingat bahwa Anda harus bekerja sepenuh hati sesuai dengan dharma yang dimiliki. Jangan sampai rasa malas dan bosan membuat performa Anda menurun, yang mengakibatkan pelayanan Anda kepada masyarakat tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga: Cara Nabung Saham Bagi PNS Biar Bisa Cuan

Rajinlah Bekerja dan Pantang Menyerah

Tidak hanya menjadi PNS atau ASN saja yang harus rajin bekerja, semua karyawan yang masih terikat dengan kontrak dan memiliki atasan sebaiknya melakukan pekerjaan dengan rajin. Ini akan membuat atasan menyukai Anda, sebab pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan ekspektasi.

Jangan salah, ternyata di PNS atau ASN terdapat laporan kerja performa yang ditulis oleh atasan. Tentu Anda tidak ingin memiliki nilai yang buruk atas performa ataupun hasil kerja yang telah dilakukan. Jika Anda bekerja dengan baik, kemungkinan untuk mendapatkan promosi jabatan juga lebih besar.

Tips jitu berkarir sebagai PNS lainnya adalah dengan tidak pantang menyerah atas masalah yang dihadapi. Di dunia kerja manapun, Anda tentu akan mendapatkan masalah terkait dengan teman kerja, lingkungan kerja, ataupun bidang pekerjaan yang digeluti. Jika memiliki masalah, jangan ragu untuk sharing dengan teman atau atasan agar mereka bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Kalau gagal, jangan langsung menyerah dan putus asa, evaluasi diri dan cobalah untuk memperbaiki diri. Setiap orang tentu memaklumi kesalahan jika Anda tidak mengulanginya lagi, karena itu pastikan Anda terus belajar dan membuat perubahan sehingga memiliki perkembangan yang baik.

Itulah beberapa tips jitu berkarir sebagai PNS yang bisa Anda terapkan, terutama oleh mereka yang baru mendaftar sebagai PNS dan diterima. Menjadi PNS ataupun ASN memang idaman setiap orang, namun hanya sedikit yang bisa mendapatkannya. Karena itulah, pastikan Anda bekerja dengan baik untuk melayani masyarakat sesuai dengan kewajiban yang dimiliki.

Leave a Reply

%d bloggers like this: