Lengkap: Cara Cek Bantuan Sosial Tahun 2021

Cara Cek Bantuan Sosial Tahun 2021

Lengkap: Cara Cek Bantuan Sosial Tahun 2021 – Mulai tahun 2021, Presiden Indonesia Joko Widodo memberikan kebijakan berupa peluncuran Bantuan Sosial kepada seluruh rakyat Indonesia dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Dengan begitu, masyarakat yang secara syarat memenuhi, maka ia berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Program bantuan yang diberikan tidak hanya satu, ada beberapa pilihan yang menyasar kategori khusus hingga umum, diantaranya adalah PKH atau Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan non Tunai atau BNPT dan masih banyak lagi.

Apabila Anda menerima salah satu dari bantuan tersebut dan hendak mengeceknya, ada cara cek bantuan sosial tahun 2021 yang bisa Anda lakukan untuk mengecek berbagai informasi terkait dengan bantuan tersebut, berikut adalah informasi lengkap mengenainya.

Informasi Rinci Terkait dengan Bantuan Sosial Pemerintah

Bantuan Sosial Tunai

Dikenal sebagai BST atau Bantuan Sembako, ia merupakan bantuan pemerintah yang diberikan kepada masyakarat miskin yang membutuhkan. Setiap keluarga akan mendapatkan bantuan sebesar 300 ribu rupiah yang akan dimulai pada bulan Jun tahun 2021.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak pendaftar untuk mendapatkan bantuan BST ini, diantaranya adalah:

  • Merupakan masyaraka miskin yang terdampak covid-19, terutama dalam bidang pendapatan.
  • Terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial yang dimiliki oleh kemensos. Untuk cara cek bantuan sosial tahun 2021 ini apakah nama Anda terdaftar atau tidak, bisa mengakses lama dtks.kemensos.go.id.
  • Data penerima bantuan tersebut juga mencakup lansia yang tidak mampu bekerja dan penyandang disabilitas.
  • Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan PKH atau program bantuan pemerintah yang lain.

Kemensos memberikan dana sebesar 300 ribu rupiah untuk keluarga yang terdampak covid dengan jangka waktu sebulan sekali. Untuk mengambilnya, pihak penerima bisa datang ke kantor pos sesuai dengan jadwal antrian yang telah ditentukan.

Jangan khawatir apabila penerima sakit keras atau penyandang disabilitas, Anda tetap bisa menerima bantuan tersebut dengan diantarkan oleh pihak kantor pos ke rumah. Harapannya bantuan tersebut dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan harian seperti membeli makanan pokok.

Baca Juga: Gaji PNS, Besar dan Cara Penghitungannya Lengkap

Program Keluarga Harapan

Program bantuan pemerintah selanjutnya adalah PKH atau Program Keluarga Harapan, yang dialokasikan oleh pemerintah untuk 10 juta keluarga di seluruh Indonesia. Bantuan tersebut diberikan kepada penerima dalam jangka waktu yang telah ditentukan, yakni di bulan Januari, April, Juli dan Terakhir bulan Oktober 2021.

Cara cek bantuan sosial tahun 2021 ini tidak sulit, Anda bisa menggunakan link tauta menuju laman DTKS. Besaran bantuan yang diterima oleh tiap penerima berbeda-beda, dalam satu keluarga, maksimal ada 4 orang yang bisa menerima bantuan tersebut, jika dirincikan berikut adalah dana bantuan yang diterima oleh penerima PKH:

  • Ibu yang hamil mendapatkan bantuan sebear 2,4 juta rupiah.
  • Anak usia dini mendapatkan bantuan sebesar 2,4 juta rupiah.
  • Untuk anak usia sekolah dasar, mereka mendapatkan bantuan 900 ribu rupiah.
  • Untuk pelajar SMP, dana bantuan yang didapatkan adalah 1,5 juta rupiah.
  • Untuk pelaja SMA, dana bantuan yang didapatkan adalah 2 juta rupiah.
  • Bagi penyandang disabilitas berat, mereka akan mendapatkan bantuan sebesar 2,4 juta rupiah.
  • Sedangkan untuk lansia, dana bantuan yang akan didapatkan sebesar 2,4 juta rupiah.

Bantuan Pangan Non Tunai

Sering disingkat sebagai BNPT, bantuan ini diberikan kepada keluarga miskin yang terdampak covid-19. Dana bantuan yang diberikan sebesar 200 ribu per bulan untuk satu keluarga. Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat melalui Himpunan Bank Negara dari bulan Januari sampai Desember 2021.

Sama dengan PKH, untuk cara cek bantuan sosial tahun 2021 tidak sulit untuk dilakukan. Tersedia link yang dibuat pemerintah untuk mengecek apakah keluarga Anda menerima bantuan tersebut atau tidak.

Terkait dengan teknis pemberian BNPT hanya diberikan secara daring, dimana ia bisa digunakan untuk membeli bahan pangan di warung elektronik yang bekerja sama dengn pihak bank negara. Pihak penerima juga akan mendapatkan akun elektronik yang akan memudahkan Anda untuk mengakses dan menerima bantuan.

Baca Juga: Tata Cara Lengkap Pendaftaran CPNS 2021

Cara Lengkap Cek Penerima Bantuan Sosial

Untuk mengecek tiga bantuan pemerintah yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan, yakni:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id yang dikelola langsung oleh pemerintah, jangan membuka laman lain yang memiliki nama sama karena kemungkinan akan terjadi scamming.
  2. Akan tersedia beberapa kolom yang perlu diisi, isilah kolom provinsi sesuai dengan KTP yang Anda miliki, berikut dengan kabupaten dan kota tempat Anda tinggal.
  3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kecamatan, desa dan kelurahan sesuai dengan KTP.
  4. Cara cek bantuan sosial 2021 selanjutnya adalah memasukkan kode captcha yang tersedia, kemudian klik menu pencarian.
  5. Tunggu sampai proses muat selesai, dalam waktu singkat Anda akan mendapatkan data terkait siapa saja yang mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Jika terdapat nama Anda dalam daftar tersebut, maka Anda berhak menerima bantuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Begini Cara Mengajukan Tunjangan Fungsional Guru Honorer

Cara Cek Bantuan BLT Dana Desa

Selain 3 jenis bantuan yang diberikan pemerintah sebelumnya, terdapat satu bantuan lagi yang diberikan kepada masyarakat, yakni BLT Dana Desa. Bantuan ini diberikan kepada keluarga selama satu tahun, dari bulan Januari sampai Desember dalam periode tahun 2021. Bantuan yang diberikan sebesar 600 ribu rupiah untuk tiap keluarga yang menerima.

Keluarga yang mendapatkan manfaat dari bantuan ini adalah keluarga yang belum terdaftar bantuan pemerintah lain, baik PKH, bantuan sembako, maupun kartu prakerja. Jika Anda ingin mengecek apakah keluarga Anda terhitung sebagai penerima bantuan ini, berikut adalah cara memeriksanya.

  1. Buka laman sid.kemendesa.go.id, dari sana masuk ke halaman utama situs dan pilih pencarian data desa.
  2. Terdapat dua jenis pencarian yang tersedia, cara cek bantuan sosial 2021 BLT Dana Desa lebih mudah menggunakan pencarian menggunakan nama desa. Ketikkan nama desa tempat Anda tnggal, kemudian tekan enter untuk memulai pencarian.
  3. Jika nama desa yang Anda pilih muncul,  maka lanjutkan dengan memilih BLT DD pada menu yang tersedia.
  4. Dengan melakukan klik pada menu tersebut, maka akan muncul daftar nama penerima BLT Dana Desa yang telah terdaftar. Jika nama keluarga Anda terdaftar disana, maka Anda berhak menerima bantuan tersebut.

Tidak hanya bantuan kepada keluarga miskin dan terdampak covid, keluarga yang mengelola UMKM juga mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar 1,2 juta rupiah. Penyaluran bantuan tersebut dilakukan dengan bantuan bank BRI dan BNI dan Anda bisa mengeceknya dengan menagkses laman banpresbpum.id.

Demikianlah cara cek bantuan sosial 2021 lengkap sesuai dengan jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Apabila Anda tidak terdaftar dalam bantuan-bantuan tersebut, Anda bisa menanyakannya kepada pejabat desa terkait dengan pendaftaran dan syarat yang diperlukan agar lolos. Karena jika tidak menerima tahun ini, kemungkinan di thaun depan Anda bisa menerima bantuan tersebut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: