Mengenal Sistem Pangkat TNI AD, AL, dan AU

Sistem kepangkatan TNI Terdiri atas beberapa tingkatan yang disesuaikan dengan fungsi dan tugasnya. Tentara Nasional Indonesia (TNI) Merupakan angkatan militer di Republik Indonesia yang terdiri atas tiga angkatan bersenjata yakni, Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU).

sistem-kepangkatan-TNI-AD-AL-AU

Sistem kepangkatan pada TNI dibedakan mulai dari  tingkatan yang paling tinggi Perwira hingga pangkat terendah Tamtama. Bagi yang akan mendaftar dan masuk TNI, setidaknya perlu mengetahui apa saja susunan kepangkatan pada TNI dari yang terendah sampai tertinggi.

Nah, berikut ini telah kami rangkumkan untuk Anda dari berbagai sumber mengenai sistem tanda kepangkatan TNI beserta penjelasannya.

Sistem Kepangkatan TNI AD (Angkatan Darat)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau yang kita kenal dengan TNI AD merupakan cabang dari Angkatan TNI yang memiliki tugas mempertahankan keutuhan wilayah dan pertahanan negara Republik Indonesia di bagian darat.

TNI Angkatan Darat (TNI AD), dipimpin oleh seorang kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Komando pertempuran pada Angkatan darat ada 2 yaitu Kopassus dan Kostrad. Selain itu, para prajurit juga akan didik untuk menjadi tentara dengan dedikasi yang tinggi di Akademi Militer (Akmil), Secapa, Seskoad, dan Kodiklat.

Berikut ini adalah tingkatan urutan kepangkatan pada TNI Angkatan Darat;

Pangkat Kehormatan

Gelar tanda kehormatan pada TNI AD yaitu Pangkat Jenderal Besar dan dilambangkan dengan bintang lima. Berikut ini adalah gambar lambang kepangkatan kehormatan:

pangkat-kehormatan

Perwira Tinggi

Pada Perwira Tinggi (Pati) TNI AD,  tingkat Kepangkatan dibedakan menjadi empat, dimulai dari yang tertinggi yaitu Jendral (Jend) dilambangkan dengan empat bintang, kemudian Letnan Jenderal (Letjen) dilambangkan dengan bintang tiga.

Dibawahnya lagi ada Mayor Jenderal (Mayjen) dilambangkan dengan bintang dua, dan yang terakhir yaitu Brigadir Jenderal (Brigjen) dan dilambangkan dengan satu bintang. Berikut ini adalah lambang kepangkatan pada Perwira tinggi TNI AD;

Perwira Menengah

Tanda pangkat TNI AD Perwira Menengah. dibedakan menjadi tiga kepangkatan yakni yang tertinggi di tingkatan Perwira Menengah adalah Kolonel (Kol) diberi lambang tiga bunga. Pangkat yang kedua adalah Letnan Kolonel (Letkol) dilambangkan dengan dua bunga dan yang terakhir adalah Mayor (May) dengan tanda satu Bintang.

Berikut ini adalah lambang kepangkatan pada Perwira Menengah TNI AD;

Pangkat Perwira Menengah

Perwira Pertama

Kepangkatan pangkat TNI AD Perwira Pertama (Pama) dibagi menjadi 3 yakni;

Kapten (kapt) dengan lambang tiga garis. Kemudian Letnan Satu Lettu dengan lambang dua garis. dan Yang terakhir adalah Letnan dua (Letda) dengan lambang satu garis.

Berikut adalah lambang kepangkatan pada Perwira Pertama (Pama) TNI AD;

pangakat perwira pertama

Bintara Tinggi

Ada dua pangkat di tingkatan Bintara Tinggi TNI AD yakni Pembantu Letnan Satu (Peltu) dengan lambang dua garis bergelombang. Kedua adalah Pembantu Letnan Dua (Pelda) dengan lambang satu garis bergelombang. Berikut adalah lambang kepangkatan Bintara Tinggi TNI AD;

bintara tinggi

Bintara

Kepangkatan pada tingkatan Bintara TNI AD ada empat yang pertama Sersan Mayor (Serma) dilambangkan dengan tanda empat garis panah. kedua Sersan Kepala (Serka) dilambangkan dengan tanda tiga garis panah.

Ketiga yaitu Sersan Satu (Sertu) dilambangkan dengan tanda dua garis panah dan yang keempat yaitu Sersan dua (Serda) dilambangkan dengan tanda satu panah. Berikut ini lambang kepangkatan pada tingkatan bintara TNI AD:

pangkat bintara tinggi

Tamtama Kepala

Ada tiga pangkat ditingkatan Tamtama Kepala TNI AD, yakni Kopral Kepala (Kopka) dengan lambang 3 garis panah merah. Kemudian Kopral Satu (Koptu) dengan lambang dua garis panah merah dan yang terakhir adalah Kopral dua (Kopda) dengan lambang satu garis panah merah. Berikut ini lambang kepangkatan pada tingkatan Tamtama Kepala TNI AD;

tamtama kepala Tamtama

Tamtama TNI AD melipui Prajurit Kepala (Praka) dengan lambang tiga garis merah. Kemudian yang kedua yaitu Prajurit Satu (Pratu) dengan lambang dua garis merah dan yang terakhir yaitu Prajurit Dua (Prada) dengan lambang satu garis merah. Berikut ini lambang tanda kepangkatan Tamtama TNI AD;

Baca Juga: Batas Kenaikan Pangkat Untuk Fungsional

Pangkat TNI Angkatan Udara (AU)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara atau yang kita kenal dengan TNI AU merupakan cabang dari Angkatan TNI yang memiliki tugas mempertahankan keutuhan wilayah dan pertahanan negara Republik Indonesia di bagian Laut.

Pada TNI AU dipimpin oleh Seorang kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Angkatan Udara juga dibagi menjadi dua komando operasi. Komando operasi pertama terletak di Halim Perdanakusuma Jakarta (Koops AU I) dan komando operasi kedua (Koops AU II) berlokasi di Makassar.

Pangkat Kehormatan

Merupakan Pangkat Kehormatan untuk TNI Angkatan Udara yaitu berupa pangkat Marsekal Besar dengan lambang bintang lima.

Perwira Tinggi

Tanda kepangkatan pangkat TNI AU ditingkatan Perwira Tinggi meliputi Marsekal (Mars) yang merupakan sistem pangkat tertinggi pada TNI AU dengan lambang empat bintang. Kemudian pangkat Marsekal Madya (Marsdya) dengan lambang tiga bintang.

Selanjutnya yang ketiga yaitu Marsekal Muda (Marsda) dengan lambang dua bintang dan yang terakhir yaitu Marsekal Pertama (Marsma) dengan tanda satu bintang.

Perwira Menengah

Tanda Kepangkatan pada TNI AU Perwira Menengah (Pamen) ada tiga, dari yang tertinggi yaitu kolonel (Kol) dilambangkan dengan tiga simbol, kemudian Letnan Kolonel (Letkol) dilambangkan dengan tanda dua simbol dan yang terakhir yaitu Mayor (May) dengan lambang satu simbol.

Perwira Pertama

Pada Perwira pertama (Pama) TNI AU, tingkatan pangkat dibagi menjadi tiga, yakni;  Kapten (Kapt) dilambangkan  dengan tanda tiga garis. Kemudian Letnan Satu (Lettu) dilambangkan dengan tanda dua garis dan yang terakhir yaitu Letnan dua (Letda) dilambangkan dengan tanda satu garis.

Bintara Tinggi

Tingkatan kepangkatan pada Bintara Tinggi TNI AU meliputi Pembantu Letnan (Peltu) dilambangkan dengan tanda dua garis dan Pembantu Letnan Dua (Pelda) dilambang dengan tanda satu garis. Berikut ini lambang kepangkatan pada Bintara Tinggi TNI AU;

Bintara

Kepangkatan pada tingkatan Bintara ada empat yang pertama Sersan Mayor (Serma) dilambangkan dengan tanda empat garis panah. kedua Sersan Kepala (Serka) dilambangkan dengan tanda tiga garis panah.

Ketiga yaitu Sersan Satu (Sertu) dilambangkan dengan tanda dua garis panah dan yang keempat yaitu Sersan dua (Serda) dilambangkan dengan tanda satu panah.

Tamtama Kepala

Tamtama Kepala dibagi menjadi tiga tingkatan, yakni;

Kopral Kepala (Kopka) dilambangkan dengan 3 garis panah merah. Kemudian Kopral Satu (Koptu) dilambangkan dengan 2 garis panah merah dan yang terakhir yaitu Kopral dua (Kopda) dilambangkan dengan 1 garis panah merah.

Tamtama

Pangkat Tamtama Pada TNI AU di bagi menjadi 3, yakni;

Prajurit Kepala (Praka), dilambangkan dengan 3 garis merah. Kemudian, Prajurit Satu  (Pratu), dilambangkan dengan 2 garis merah dan yang terakhir Prajurit Dua (Prada) dilambangkan 1 garis merah.

Pangkat TNI Angkatan Laut (AL)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mempunyai tugas dan tanggung jawab operasi di wilayah Laut. TNI AL dipimpin oleh Seorang Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) yang menjadi pemimpin tertinggi di markas besar angkatan laut (MABESAL).

Sama seperti TNI AU, TNI AL juga mempunyai 3 Komando Armada, yakni: Komando Armada I (Koarmada I), kemudian Komando Armada II (Koarmada II), dan Komando Armada III (Koarmada III), yang juga membawahi Korps Marinir.

Berikut ini adalah urutan kepangkatan pada TNI AL dari yang tertinggi sampai terendah;

Pangkat Kehormatan

Pangkat Kehormatan merupakan pangkat tertinggi yang bisa dicapai oleh seorang perwira TNI Angkatan Laut berupa pangkat laksamana besar dengan lambang bintang lima.

Perwira Tinggi

Perwira tinggi (Pati) TNI AL dibagi menjadi empat tingkatan, yang tertinggi adalah laksamana (laks.) Merupakan sistem pangkat tertinggi pada TNI AL yang dilambangkan dengan 4 bintang. Dibawahnya ada pangkat laksamana madya (laksdya) dilambangkan dengan 3 bintang, kemudian laksamana muda (laksda) dilambangkan dengan 2 bintang dan yang terakhir laksamana pertama (laksma) dilambangkan dengan 1 bintang.

Perwira Menengah

Perwira Menengah (Pamen) TNI AL dibagi menjadi 3 tingkatan pangkat, Yang tertinggi yaitu kolonel (kol.) dilambangkan dengan 3 simbol. Kemudian dibawahnya ada pangkat letnan kolonel (letkol) dilambangkan dengan 2 simbol dan yang paling bawah ialah Mayor (may.) dilambangkan dengan 1 simbol.

Perwira Pertama

Pada Perwira pertama (Pama) TNI AL, tingkatan pangkat dibagi menjadi tiga, yang tertinggi adalah kapten (kapt.) dilambangkan dengan 3 garis. dibawahnya ada letnan satu (lettu) dilambangkan dengan 2 garis dan letnan dua (letda) dilambangkan dengan 1 garis.

Bintara Tinggi

Ada dua kepangkatan pada pangkat TNI AL bintara tinggi yakni Pembantu Letnan satu (peltu) dilambangkan dengan 2 garis bergelombang dan Pembantu letnan dua (pelda) dilambangkan dengan 1 garis bergelombang.

Bintara

Ada empat kepangkatan pada pangkat TNI AL bintara yakni;

Sersan mayor (serma) dilambangkan dengan 4 garis panah, kemudian Sersan kepala (serka) dilambangkan dengan 3 garis panah, dan Sersan satu (sertu) dilambangkan dengan 2 garis panah serta sersan dua (serda) dengan tanda 1 garis panah.

Tamtama Kepala

Pangkat Tamtama kepala pada TNI AL di bedakan menjadi 3 yakni;

Kopral kepala (kopka) di lambangkan dengan 3 garis panah biru, kemudian kopral satu (koptu) dilambangkan dengan 2 garis panah biru, dan kopral dua (kopda) dilambangkan dengan 1 garis panah biru.

Tamtama

Pangkat Tamtama pada TNI AL di bedakan menjadi 3 yakni;

Kelasi Kepala (KLK) di lambangkan dengan 3 garis biru, kemudian kelasi satu (KLS) dilambangkan dengan 2 garis biru, dan kelasi dua (KLD) dilambangkan dengan 1 garis biru.

Kata Kunci Pencarian:

pangkat tni

Leave a Reply

%d bloggers like this: