Perbedaan PNS Pusat Dan Daerah Serta Keuntungan Jadi PNS Pusat

PNS merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh masyarakat. Seperti adanya gaji pokok dan sejumlah tunjangan serta terhindar dari adanya PHK menjadi alasan utama mengapa profesi ini sangat diminati. Kabarnya perekrutan CPNS akan dilakukan pada tahun ini 2021, sejumlah berita mengatakan pendaftaran akan dibuka pada bulan Mei namun hingga saat ini pendaftaran CPNS belum dibuka dan belum ada informasi terkait kapan pendaftaran akan dibuka. Banyak orang ingin mendaftar CPNS namun bingung menentukan instansi yang akan dipilih dan menentukan apakah akan mendaftar PNS pusat atau daerah.

beda pns pusat dan pns daerah

PNS pusat dan daerah pada dasarnnya sama sama merupakan aparatur sipil negera, tetapi dari segi namapun sudah dibedakan pusat dan derah tentu keduanya memiliki perbedaan. Banyak orang yang tidak paham mengenai PNS pusat dan PNS daerah, padahal dua hal tersebut memiliki banyak perbedaan dari segi hak dan kewajiban. Bukankah lebih baik kita mengetahui dulu perbedaan keduanya sebelum menjadi pendaftaran CPNS agar  tidak kebingungan nantinya. Di bawah ini akan dijabarkan mengenai perbedaan PNS pusat dan PNS daerah serta keuntungannya.

Perbedaan PNS Pusat Dan PNS Daerah

Pengertian PNS pusat

PNS pusat merupakan aparatur sipil negera yang akan bekerja langsung pada garis komando pemerintah pusat yaitu mentri atau pimpinan lembaga. Namun tidak sesuai namanya untuk penempatan tidak semua PNS pusat bekerja  di Jakarta atau pada kota pusat pemerintahan, PNS pusat memiliki cakupan wilayah yang luas pada daerah-daerah di Indonesia bahkan PNS pusat dapat bekerja pada derah otonom. Walaupun PNS pusat dapat ditempatkan di daerah-daerah, namun pemerintah daerah tidak dapat mengambil alih kewenangan PNS pusat tanpa adanya aturan khusus yang mengaturnya. PNS pusat memiliki pekerjaan yang sangat luas cakupannya seperti hakim pengadilan negeri atau hakim pengadilan tinggi, kereta api, penggadaian, perusahaan umum dan lain lain. Tidak hanya itu PNS pusat dapat juga bekerja dalam berbagai posisi seperti sekertaris jendral, kepala biro, direktur jendral, dan berbagai posisi tinggi lainnya. Pada kesehariannya PNS pusat dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (apbn).

Pengertian PNS daerah

Jika PNS pusat dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja negera maka PNS daerah dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD). PNS daerah memiliki garis komando langsung bertanggung jawab kepada bupati atau walikota atau gubernur daerah dimana dia ditugaskan. Sesuai namanya wilayah kerja PNS daerah terbatas hanya sebatas dimana PNS tersebut ditempatkan, tidak memiliki kewenangan untuk urusan diluar daerahnya. Adanya kewajiban pemerinta daerah dalam memberikan fasilitas pelayanan public di daerahnya seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum, penataan ruang,sosial, perdagangan dan lain lain sehingga pemerintah daerah harus memiliki satuan kerja seperti dinas kesehatan, dinas pendidikan, dinas pekerjaan umum, dinas sosial dan lain lain guna mendukung pelayanan publik.

Keuntungan jadi PNS pusat

THP Bisa Jadi Lebih Besar

Penghasilan menjadi salah satu hal yang membedakan PNS pusat dan PNS daerah. PNS pusat memiliki keuntungan yang lebih dari segi penghasilan. Perbedaan penghasilan disebabkan oleh sumber pendanaan yang berbeda. PNS pusat dibiayai oleh APBN dengan berbagai tunjangan yang menggiurkan tentunya. Selain gaji pokok PNS pusat menerima tunjangan. Tunjangan yang diterima yaitu seperti tunjangan uang makan dan tunjangan kinerja.

PNS daerah juga menerima gaji pokok berdasarkan ketentuan yang berlaku di daerahnya sesuai denga kemampuan daerah tersebut. Sehingga gaji PNS antar satu daerah dengan derah lainya bisa jadi berbeda. Ada PNS daerah yang hanya menerima gaji pokok saja, ada pula yang juga menerima tujangan kinerja namun sedikit jika dibanding PNS pusat hal ini dipengaruhi denga sumber anggaran pada derah tersebut dan juga kebijakan yag berlaku.

Baca juga : Suka Duka Profesi PNS

Kebijakan Yang Langsung Dari Pusat

Kebijakan yang diberlakukan untuk PNS pusat bersifat menyeluruh degan cakupan luas yaitu seluruh wilayah Indonesia. Hal ini tentu berbeda dengan PNS daerah yang ditetapkan oleh pimpina daerah disesuaikan dengan kebijakan otonom yang memperhatikan keraifan local serta budaya pada daerah tersebut. Jadi antar satu daerah dengan daerah yang lain memiliki kebijakan yang berbeda. Perbedaan kebijakan yang ada seperti hari libur perayaan hari besar, durasi jam kerja dan lain lain.

Pola Mutasi Yang Sagat Luas

PNS pusat daat berpindah kseluruh wilayah Indonesia. PNS pusat dapat berpindah ke mana saja selama masih dalam naugan lembaga yang sama dengan prosedur yang berlaku tentunya. Misal seorang pegawai PNS pusat yang bertugas di badan statistic di Lampung mengajukan mutasi ke Jakarta, PNS tersebut dapat mengajukan mutasi selama masih tetap di bawah naungan badan statistic. Sedangkan PNS daerah hanya dapat bermutasi di daerah tempat dimana ia bekerja. Contohnya seorang tenaga pengajar PNS kota Jawa Timur mengajukan mutasi hanya ke wilayah lain di Jawa Timur.

Punya Seragam Sendiri

Beberapa instansi yang menaugi PNS pusat memiliki seragam sendiri, ada yang memiliki seragam khusus seperti ala-ala militer, ada juga yang memperbolehkan menggunakan batik atau kemeja di hari-hari tertentu. Sedangkan PNS daerah memiliki sergam coklat khaki sesuaia dengan ketentuan yang berlaku.

Sudah jelaskan sekarang mengenai perbedaan PNS pusat dan PNS daerah. Jadi jangan bingung lagi untuk menentukan daftar PNS pusat atau daerah.  Pada intinya PNS pusat memiliki beberapa keunggulan seperti ruang lingkup kerja yang luas, pola mutasi yang luas, kebijakan yang menyeluruh mengikuti pemerintah pusat. Tapi jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kemampuan anda ketika mendaftar CPNS jangan karena keuntungan keuntungan yang ada seperti yang sudah disebutkan membuat kita buta dengan kemampuan yang kita miliki, ditakutkan nantinya malah saat bekerja kita mungkin akan menghadapi kesulitan atau kendala karena tidak sesuai dengan kemampuan.

Kata Kunci Pencarian:

gaji pns di daerah dan pusat apakah sama

Leave a Reply

%d bloggers like this: