9 Tips Jitu Menabung Bagi Anda Para PNS

9 Tips Menabung Bagi ASN –  Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan hal yang impikan oleh kebanyakan orang, hal ini tidak lain karena banyak keuntungan yang didapatkan dari menjadi PNS, seperti mendapatkan gaji tetap bulanan, tunjangan, bonus dan bahkan jaminan pensiun.

9-tips-jitu-menabung-ala-pns

Bicara mengenai gaji bulanan, tentu tak lepas dari adanya biaya yang perlu dikeluarkan setiap bulannya, dan tentunya semua itu akan memerlukan biaya yang cukup besar.

Namun dengan adanya gaji bulanan, setidaknya anda bisa sedikit lega karena kebutuhan sebulan mungkin bisa dipenuhi dengan baik. Disamping kebutuhan bulanan yang dikeluarkan, tentunya anda ingin mempunyai sejumlah dana yang bisa disimpan dalam tabungan bukan?

Apapun profesinya, Bahkan untuk seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun, setidaknya harus memiliki tabungan. Hal ini sangat penting, sebab dengan menabung Anda telah mempersiapkan keamanan keuangan dan dapat membantu mewujudkan tujuan keuangan yang telah direncanakan di masa yang akan datang. Walaupun dengan gaji yang belum terlalu besar, menabung tetap harus disempatkan mengingat manfaatnya yang begitu besar.

Baca Juga: Gaji PNS di Jepang

Dengan gaji PNS yang bisa dibilang belum terlalu besar ini, tentunya menabung akan menjadi sebuah tantangan tersendiri, sebab bisa saja jumlahnya pas – pasan untuk memenuhi biaya hidup selama sebulan penuh. Tentunya hal ini akan terlaksana jika sudah memiliki formula yang tepat untuk mengelolanya, dan bila hal tersebut tidak bisa diatur dengan baik, bisa jadi malah sampai kapanpun juga tidak akan pernah memiliki tabungan.

Oleh karena ini, cobalah untuk membatasi pengeluaran, sehingga sebagian dana dari gaji Anda bisa dialokasikan pada tabungan tiap bulannya.

Berikut ini beberapa Tips Menabung Bagi PNS, yang bisa Anda terapkan di dalam mengelola keuangan:

1. Buatlah Anggaran Keuangan yang ketat

buat-anggaran-yang-ketat

Keuangan yang sehat tentu akan didukung dengan pengelolaan anggaran yang efektif, hal inilah yang harus dipahami dengan baik. Pada Tips ini, susunlah anggaran keuangan yang ketat, dimana semua proses pengeluaran didalamnya hanya yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, artinya meskipun anggaran disusun dengan ketat (Hemat), dengan anggaran ini semua kebutuhan yang utama bisa terpenuhi dengan baik.

Bagi anda yang ingin menabung, jangan takut untuk menerapkan  aturan yang dianggap penting dalam mengelola anggaran, sehingga anggaran tersebut dapat teralokasi dengan baik dan sesuai dengan kemampuan keuangan, dan di dalam pengelolaannya, pastikan untuk menyisihkan sebagian dana pada tabungan bulanan, dengan jumlahnya minimal 10% dari gaji.

2. Sesuaikan kebutuhan dengan gaji

sesuaikan-kebutuhan-dengan-gaji

Apapun kebutuhannya, biasakan untuk menyesuaikannya dengan kemampuan gaji, sebab gaya hidup yang berlebihan dengan pengeluaran diatas kemampuan gaji  adalah sebuah kesalahan yang akan membuat seseorang memiliki hutang.

Menyesuaikan biaya hidup dengan kemampuan keuangan, akan memudahkan Anda mengelola keuangan dengan efektif dan lancar tanpa menimbulkan masalah dan hutang.

3. Miliki Tabungan

Mungkin akan ada banyak tuntutan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya, namun jangan terlena, seharusnya tidak menghalangi anda untuk menyisihkan sebagian dana untuk ditabung.

Berapapun biaya yang dikeluarkan, Anda tetap harus menyisihkan sebagian dana untuk ditabung. Jumlah yang ditabung bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan, namun upayakan untuk menabung minimal 10% dari gaji setiap bulannya.

4. Pisahkan Uang Tabungan Ke Dalam Rekening Khusus

Sudah menabung, tapi dana selalu terpakai habis tanpa digunakan untuk rencana yang jelas?. Kesalahan semacam ini sama halnya dengan tidak menabung sama sekali, sebab dana yang ditabung juga tidak berumur lama (karena selalu terpakai).

Kesalahan semacam ini sebaiknya dihindari, dan mulailah untuk menabung secara terencana, yakni memisahkan dana tabungan pada rekening yang lain (Khusus), sehingga tidak bercampur dengan dana lainnya. Segera pisah tabungan ini ketika menerima pembayaran gaji, sehingga anda akan terhindar dari godaan untuk membelanjakannya pada keperluan lainnya.

Baca Juga : Tips Menabung Bagi PNS dengan Gaji Kecil

5. Hematkan Belanja Bulanan

Hindari berbelanja dengan terburu – buru tanpa melakukan sebuah perencanaan, Sebab hal ini akan mengakibatkan Anda boros pengeluaran. Buatlah daftar belanja bulanan, agar anda memiliki waktu yang cukup untuk menentukan apa saja yang akan dibeli nantinya.

Hitung pengeluaran bulanan dan pastikan tidak melebihi budget yang dimiliki, supaya kebutuhan lainnya dalam keuangan tidak terganggu jika terjadi pembengkakan pengeluaran biaya belanja bulan ini, termasuk tabungan. Untuk berhemat, hal yang patut Anda coba; memilih toko dengan harga yang paling murah, membeli barang pada saat diskon, dan memanfaatkan penawaran khusus dari toko tertentu.

6. Hindari kartu kredit dan Hutang

Sebisa mungkin jangan berhutang, agar tidak terbebani dengan masalah yang sebenarnya tidak perlu ini. Cukupkan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan, termasuk didalamnya disisihkan untuk dana tabungan tetap. Cara ini akan membantu anda bebas dari hutang, dan bahkan dana tabungan yang telah dikumpulkan akan bisa membantu, ketika sewaktu – waktu ada masalah keuangan yang memerlukan dana segera.

7. Bawa Bekal Makan Siang

Membawa bekal makan siang ke kantor merupakan tips yang bisa Anda coba untuk memulai gaya hidup hemat. Dengan membawa bekal, Anda bisa menyiapkan makanan yang lebih sehat dan sesuai selera.Sehingga dana makan siang dapat anda alokasikan sebagai tabungan bulanan. Dan jika tabungan anda semakin banyak maka, tujuan keuangan anda akan lebih cepat tercapai.

8. Manfaatkan Transportasi Umum

Anda juga bisa berhemat dengan memanfaatkan transportasi umum, karena tarif angkutan umum saat ini tergolong cukup murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga, uang bensinnya bisa dialokasikan sebagai dana tabungan.

Menggunakan transportasi umum atau bahkan jemputan dari kantor setiap harinya akan sangat menghemat pengeluaran tiap bulannya. Selain itu anda akan merasa lebih santai dan menikmati setiap perjalanan setiap hari, sebab tidak perlu berlelah – lelah menyetir, dan hanya cukup tinggal duduk santai sebagai penumpang dan menunggu sampai tujuan.

9. Pangkas Pengeluaran yang Tidak Penting

Bagi PNS dengan gaji yang tidak begitu besar, seringkali terkendala untuk bisa memiliki dana simpanan / tabungan. Hal tersebut tentunya harus disiasati dengan baik, sebab memiliki simpanan akan sangat membantu, terutama di keadaan darurat. Untuk itu, cobalah untuk mulai memangkas semua pengeluaran yang dirasa tidak penting (mendesak), sehingga sisa dana gaji bisa disimpan dalam tabungan tetap tiap bulannya.

Nah, demikian sedikit info dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mengelola gaji untuk dialokasikan sebagai dana tabungan. Semoga Tips Kali ini bermanfaat, dan sampai jumpa lagi pada kesempatan yang lain. 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: